29 Mei 2015

Pencairan Gaji ke-13 Sebelum Puasa



Kabar dipercepatnya pencairan Gaji ke-13 bagi PNS, TNI, dan POLRI sebelum puasa, adalah kabar yang menggembirakan. Pemerintah melalui  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, percepatan pencairan gaji ke-13 tersebut dilakukan lantaran kebutuhan masyarakat meningkat pada bulan puasa.
            Menurut peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syarif Hidayat mengatakan, dengan dicairkannya gaji ke-13 tersebut lebih awal maka pemanfaatannya akan lebih dialokasikan untuk anggaran  lebih produktif. Syarif menambahkan, bila pencairan gaji ke 13 tersebut berdekatan dengan lebaran maka kecenderungannya akan dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumtif. Dengan pencairan gaji ke -13 yang lebih cepat tersebut akan mengurangi beban para PNS. Setidaknya, anggaran untuk perayaan puasa dan lebaran tidak tersedot seluruhnya untuk biaya pendidikan.
Menurut Menpan RB Yuddy Chrisnandi, semua persyaratan administrasi untuk mencairkan gaji ke-13  sudah selesai. Berkas tersebut juga sudah dikirim ke Presiden dan tinggal menunggu keputusan. Yuddy memperkirakan, prosesnya sudah selesai dalam dua minggu ke depan. Nilai gaji ke-13 ini, menurut Menpan RB  Yuddy, sama dangan gaji yang diterima oleh PNS, prajurit TNI, dan Polri pada bulan sebelumnya. Yuddy mencontohkan, "Kalau Mei ini Rp 2 juta, gaji ke-13 juga Rp 2 juta," kata Yuddy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pidato Mendikbudristek untuk upacara peringatan Hardiknas 2023.pdf

     Teks bisa di unduh disini