11 Maret 2013

Membahas Soal OSN Biologi SMP Tk Kab/Kota 2013 Sambil Nunggu Pengumuman

Saya sebenarnya ingin langsung mengunggah semua soal OSN Biologi SMP Tk Kab/Kota tahun 2013, namun karena kendala waktu terpaksa saya cicil sedikit-demi sedikit, harapannya lama-lama jadi bukit. Saya akan mencoba membuatkan kunci jawabannya, dan mohon maaf bila ada pakar Biologi yang berpendapat bahwa jawaban yang saya tulis kurang pas, maklumlah manusia biasa yang terlalu banyak kekurangan. Melalui forum ini kita bisa sharing mengenai jawaban yang paling benar. Mudah-mudahan ini ada manfaatnya. Terakhir, saya mohon maaf bila postingan soal ini dalam bentuk hasil scaning (agar tidak terlalu capek ngetik aja...)











Ulasan :
Coba bandingkan dengan gambar berikut !
    Jawaban : C



















       Ulasan :
        Coba bandingkan dengan gambar berikut !
      Jawaban : A







        Ulasan :
        Aerenkim banyak terdapat pada batang dan daun tumbuhan hidrofit.
        Jawaban : B












              Ulasan :
              a. Lakmus merah


       Lakmus merah dalam larutan asam berwarna merah dan dalam larutan
       basa berwarna biru.

             b. Lakmus biru


       Lakmus biru dalam larutan asam berwarna merah dan dalam larutan
       basa berwarna biru.

             c. Lakmus merah maupun biru dalam larutan netral tidak berubah warna.
              Larutan 2, 3, 7, dan 8 bersifat asam karena mengubah lakmus biru menjadi merah dan                          lakmus merah tetap merah.
              Jawaban : B





 Ulasan :
Proses aliran energi berlangsung dengan adanya proses rantai makanan. Tumbuhan dimakan oleh herbivora, dengan demikian energi makanan dari tumbuhan mengalir masuk ke tubuh herbivora. Herbivora dimakan oleh karnivora, sehingga energi makanan dari herbivora masuk ke tubuh karnivora.
Jawaban : A
 Ulasan :
Dari tahun ke-1 ke 2 naik 2 ribu
Dari tahun ke-2 ke 3 naik 4 ribu
Dari tahun ke-3 ke 4 naik 8 ribu
Dari tahun ke-4 ke 5 naik 16 ribu
Dari tahun ke-5 ke 6 naik 32 ribu menjadi 72 ribu
Dari tahun ke-6 ke 7 naik 64 ribu menjadi 136 ribu
Dari tahun ke-7 ke 8 naik 128 ribu menjadi 264 ribu
Jadi akan mengalami penurunan populasi pada tahun ke 8
Jawaban : C

Ulasan:
Pada fase 3, dalam rentang waktu yang relatif pendek menggambarkan pertumbuhan populasi paling tinggi dibandingkan fase-fase yang lain.
Jawaban : C
 Jawaban : D
Ulasan :
a) Kegiatan yang mengakibatkan makin berkurangnya keanekaragaman hayati yaitu antara lain:
  • Ladang berpindah
  • Intensifikasi pertanian
  • Penemuan bibit tanaman dan hewan baru yang unggul mengakibatkan terdesaknya bibit lokal
  • Perburuan liar dan penebangan liar
  • Industrilisasi
b) Kegiatan manusia yang tidak menyebabkan berkurangnya keanekaragaman hayati:
  • Penghijauan dan reboisasi
  • Pengendalian hama secara biologi
  • Penebangan hutan dengan perencanaan yang baik
  • Usaha pemuliaan hewan dan tanaman
  • Usaha-usaha pelesarian alam 
 Ulasan :
Apabila suhu suatu tempat tinggi maka kelembabanya rendah dan sebaliknya apabila suhu rendah maka kelembaban tinggi.
Jawaban : B

Ulasan :
Jenis-jenis vegetasi yang dapat hidup di bioma tundra misalnya lumut kerak, rumput teki, tumbuhan terna, dan semak-semak pendek.
Pohon-pohon utama yang tumbuh di daerah ini adalah jenis konifer, sehingga hutan yang ada di wilayah bioma taiga sering juga disebut dengan hutan konifer. Contoh jenis-jenis tumbuhan konifer tersebut adalah alder, birch, dan juniperdan spruce.
Beberapa jenis tumbuhan utama yang hidup di daerah bioma hutan gugur misalnya pohon oak, basswood, dan terna berbunga. 
Dalam hutan basah tropika sering terdapat tumbuhan khas, yaitu liana (rotan), kaktus, dan anggrek sebagai epifit.
Jawaban : B
 Ulasan :
Jawaban : D
Jawaban : B (cukup jelas)
 Ulasan :
Pengertian dari Biomassa adalah ukuran berat materi hidup di waktu tertentu.Komposisi biomassa terbesar terdapat pada produsen dan semakin ke atas biomassanya semakin mengecil.
Jawaban : A













 Ulasan :
Gambar di atas merupakan sayatan melintang batang tumbuhan monokotil dengan karakteristik berkas pengangkutnya tidak teratur.
Jawaban : B
 Ulasan:
Untuk pembanding silahkan lihat gambar berikut:
     Penampang batang monokotil        Penampang batang dikotil
Z adalah berkas pembuluh angkut, terdapat xylem dan Floem. Xylem berfungsi mengangkut air dan mineral dari batang ke daun, sedangkan floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis.
Jawaban : C











Ulasan :
peredaran darah besar => Adalah peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya oksigen dari bilik (ventrikel) kiri jantung lalu diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen bertukar dengan karbondioksida di jaringan tubuh. Lalu darah yang kaya karbondioksida dibawa melalui vena menuju serambi kanan (atrium) jantung.
Pada gambar hasil scanning arah panah dan detil jantung kurang jelas, namun mengacu pada gambar asli di soal, urutan awal yang benar adalah no 3 (bilik kiri)-- no 2 (aorta) -- no 5 (bagian tubuh atas dan bawah) -- no 6 (vena cava superior dan inferior) -- no 1 (serambi kanan).
Jawaban : D





 Ulasan :
Sel darah adalah bagian dari darah yang padat. Sel darah dibedakan menjadi 3 yaitu :
  1. Sel darah merah (eritrosit), berfungsi membawa oksigen. Semakin banyak oksigen yang dibawa maka warna darah semakin merah cemerlang. Di dalam sel darah terdapat hemoglobin yang dapat mengikat oksigen dan karbon dioksida yang tidak terpakai oleh tubuh. Oksigen dan karbondioksida tersebut diperoleh saat darah melewati paru-paru saat kita bernapas.
  2. Sel darah putih (leukosit), berfungsi untuk membunuh kuman-kuman penyakit.  Ketika kulit terluka, kuman penyak dapat masuk ke dalam darah melalui luka tersebut. Tugas dari sel darah putih menyerang kuman tersebut agar tidak masuk ke dalam darah. Setelah penyerangan tersebut, sel darah putih dan kuman mati/rusak dan keluar melalui luka sebagai nanah.
  3. Keping darah (trombosit) , berfungsi menghentikan darah yang keluar akibat luka / robeknya pembuluh darah, dimana dalam proses tersebut dibantu oleh plasma darah.
Jawaban : C




Ulasan:
Sel darah putih, leukosit (bahasa Inggris: white blood cell, WBC, leukocyte) adalah sel yang membentuk komponen darah. Sel darah putih ini berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih tidak berwarna, memiliki inti, dapat bergerak secara amoebeid, dan dapat menembus dinding kapiler / diapedesis.
Jawaban : B








Ulasan:
Xilem merupakan komponen jaringan pengangkut yang memiliki dua fungsi utama, yaitu mengangkut air dan garam-garam mineral dari akar ke batang tumbuhan dan daun, serta memberi sokongan/kekuatan mekanis bagi tumbuhan.
Floem merupakan jaringan pembuluh atau pengangkut yang ber­tugas memindahkan gula hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Floem disebut juga pembuluh tapis dan merupakan pem­buluh pengangkut utama. Seperti halnya xilem, floem tersusun atas beberapa macam sel yang berbeda fungsinya, antara lain pembuluh tapis, parenkim floem, serat floem, dan sel pengiring. Tidak seperti xilem, floem merupakan jaringan hidup.
Jawaban: C
Ulasan :
Anemia adalah turunnya kadar sel darah merah atau hemoglobin dalam darah.
Arteriosklerosis merupakan  istilah umum untuk beberapa penyakit, dimana dinding arteri menjadi lebih tebal dan kurang lentur. Dimana bahan lemak terkumpul dibawah lapisan sebelah dalam dari dinding arteri. (A.J. Ramadhan, 2010)
Penyakit stroke merupakan penyakit degeneratif atau serebrovaskular yang mempengaruhi pembuluh darah pada bagian otak. Apabila terkena penyakit stroke, seseorang akan mengalami kelumpuhan sebagai akibat awal dari kerusakan pembuluh darah di otak.
Wasir atau Ambeien adalah pelebaran pembuluh darah dan bantalan penutupnya didaerah dubur. 

Jawaban : A
Ulasan : 
Fotosintesis adalah proses pembentukan bahan – bahan organik seperti gula atau karbohidrat dari bahan – bahan anorganik, seperti karbondioksida dan air dengan bantuan cahaya. Jadi dalam proses fotosintesis, bahan baku yang diperlukan adalah karbondioksida (CO2), air, sedangkan hasilnya adalah glukosa(karbohidrat) dan oksigen.
Jawaban : D





Ulasan:

Jika tumbuhan menutup stomatanya karena temperatur sangat tinggi maka akan berakibat pada proses fotosintesis akan terhenti (stagnan).  Hal ini disebabkan karena pada keadaan panas yang berlebihan stomata daun justru akan menutup untuk menghindari terjadinya transpirasi yang berlebihan, sehingga CO2  tidak dapat masuk dan fotosintesis akan berhenti sama sekali karena fotosintesis membutuhkan CO2.  Kondisi lingkungan yang panas, kering, dan terik juga dapat menyebabkan stomata tertutup. Jika kekurangan air, stomata menutup sehingga menghalangi masuknya CO2.
Udara yang lembab (kelembabannya tinggi) tidak menyebabkan stomata menutup bahkan diperlebar untuk memperbesar transpirasi, dan CO2 untuk kebutuhan fotosintesis dapat masuk ke daun.
Jawaban : C










Ulasan:
Berdasarkan tabel di atas dapat disimpulkan bahwa cahaya diperlukan dalam proses fotosintesis
Jawaban : B





Ulasan :
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu faktor yang berasal dari dalam dan dari luar tubuh.
1. Faktor Dalam (Internal)
Yang termasuk ke dalam faktor ini adalah Gen dan Hormon.  Gen adalah substansi/materi pembawa sifat keturunan dari induk. Gen mempengaruhi ciri dan sifat dari makhluk hidup, misalnya bentuk tubuh, tinggi tubuh, warna kulit, warna bunga, warna bulu, dan sebaginya. Gen juga menentukan kemampuan metabolisme makhluk hidup, sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Sementara Hormon merupakan zat yang berfungsi untuk mengendalikan berbagai fungsi di dalam tubuh. Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup sangat beragam jenisnya.
Metabolisme tubuh juga termasuk faktor dalam.
 2. Faktor Luar (Eksternal)
Faktor luar yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup berasal dari faktor lingkungan. Beberapa faktor lingkungan tersebut adalah :

  • Makanan dan Nutrisi
  • Suhu
  • Cahaya
  • Air dan Kelembapan
  • Tanah 
Jawaban : C
 Jawaban : D (cukup jelas)
Ulasan :


1.       Ciri Masa Puber Laki-Laki
a. Perubahan primer : Mimpi basah yaitu mimpi bergaul antara lawan jenis sehingga mengeluarkan cairan (sperma) dari alat kelamin laki-laki.
b. Perubahan sekunder :
1). Tumbuh jakun pada leher. Jakun adalah bagian yang menonjol pada leher seseorang.
2). Tumbuh rambut pada bagian tubuh tertentu, seperti pada sekitar kemmaluan, ketiak, kumis.
3). Dada lebih bidang.
4). Suara menjadi lebih berat (besar).
2.       Ciri Masa Puber Perempuan
a. Perubahan primer : datangnya masa haid atau menstruasi, yaitu keluarnya darah kotor dari kemaluan.
b. Perubahan sekunder :
1). Pinggul membesar
2). Payudara membesar
3). Tumbuh rambut pada sekitar kemaluan dan ketiak


Jawab:
B, alasan Tumbuhnya rambut pada kemaluan dan ketiak juga dialami anak perempuan.

Ulasan :

1.        Perkecambahan Epigeal
Hipokotil memanjang sehingga plumula dan kotiledon terangkat kepermukaan tanah.
2.        Perkecambahan Hipogeal
Epikotil tumbuh memanjang sehingga plumula keluar menembus kulit biji dan muncul diatas permukaan tanah, sedangkan kotiledon tertinggal di dalam tanah.

Jawab :  A
Ulasan :


Pada fase pertama, zigot berubah menjadi embrio dengan mengalami beberapa tahapan, sebagai berikut :
  1. Tahapan morula, yaitu sel-sel yang menggerombol membentuk struktur seperti buah murbei dan disebut morula 
  2. Tahapan blastula, adalah tahapan ketika morula merubah strukturnya menjadi seperti bola yang didalamnya berongga dan disebut blastula. Pada mamalia, digunakan istilah blastosis. 
  3. Tahapan gastrula, adalah tahapan ketika sel-sel pada blastula menyusun diri sehingga terbentuklah dua lapisan sel atau tiga lapis sel, disebut gastrula. Pada, ubur-ubur (Coelenterarata) gastrula memiliki dua lapisan sel saja yang kemudian berkembang menjadi endoderm dan ektoderm (Coelenterata disebut juga hewan yang bersifat diploblastik). Sedangkan hewan-hewan selain Coelenterata gastrula memiliki tiga lapis sel, yaitu endodermis, mesoderm dan ektoderm. Mereka dikelompokkan ke dalam hewan yang bersifat triploblastik.   

 Jawaban : A







Ulasan:
 Berdasarkan letaknya, tulang belakang tersusun atas beberapa bagian, meliputi 7 ruas tulang leher (cervijalis); 12 ruas tulang punggung (thoraxalis); 5 ruas tulang pinggang (lumbalis); tulang kelangkang yang merupakan gabungan tulang kemudi terdiri atas 5 ruas tulang kelangkang (sacrum) dan 4 ruas tulang ekor (cocsigeus).
Jawaban :  B







 Ulasan :


Jenis Tulang Berdasarkan Bentuknya - Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi empat jenis / macam meliputi tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek, dan tulang tak beraturan. Penjelasan berbagai jenis macam tulang tersebut dapat kalian simak pada uraian berikut.

Macam Tulang Pipa (Tulang Panjang)
Disebut tulang pipa karena tulang jenis tersebut berbentuk seperti pipa dengan kedua ujungnya yang bulat. Ujung tulangnya yang berbentuk bulat dan tersusun atas tulang rawan disebut epifise. Sedangkan  pada jenis ini bagian tengah tulang pipa yang berbentuk silindris dan berongga disebut diafise. Di antara epifise dan diafise terdapat bagian yang disebut metafise. Metafise tersusun atas tulang rawan.Bagian metafise ini terdapat cakra epifise, yang memiliki kemampuan memanjang.
                    
Di dalam rongga tulang pipa, terdapat bagian yang disebut sumsum tulang. Sumsum tulang tersusun dari pembuluh darah dan pembuluh saraf. Tulang pipa memiliki dua sumsum tulang yakni sumsum tulang merah dan kuning. Tempat sel-sel darah dibentuk berada di dalam sumsum tulang merah. Adapun tempat pembentukan sel-sel lemak terdapat pada sumsum tulang kuning. Saat kita masih bayi, hampir seluruh tulang mengan dung sumsum merah. Namun, saat mulai tumbuh, beberapa di antaranya berubah menjadi sumsum tulang kuning.

Selain sumsum, pada tulang pipa juga terdapat bagian lainnya, misalnya bagian luar yang keras disebut cangkang. Kemudian tulang pipa juga memiliki lapisan periostum yang menyelimuti seluruh tulang. Bagian tubuh yang memiliki tulang pipa meliputi tulang paha, tulang hasta, tulang lengan atas, tulang pengumpil, tulang betis, dan tulang kering.

Macam Tulang Pendek
Tulang jenis pendek memiliki bentuk mirip kubus, pendek tak beraturan, atau bulat. Adanya tulang ini dimungkinkan goncangan yang keras dapat diredam dan gerakan tulang yang bebas dapat dilakukan. Sebagai contoh, tulang telapak kaki dan telapak tangan.

Macam Tulang Pipih
Tulang pipih bentuk gepeng dan berupa lempenganlempengan lebar. Tulang pipih ini tersusun atas dua lapisan tulang kompak yaitu lamina eksterna dan interna ossis karnii. Di antara dua lapisan ini terdapat lapisan spongiosa yang dinamakan diploe. Peran tulang pipih adalah melindungi struktur tubuh yang berada di bawahnya. Contoh tulang pipih adalah tulang tengkorak, tulang rusuk, dan tulang belikat.

Macam Tulang Tak Beraturan

Dari namanya saja kita tentu tahu, bila tulang ini memiliki bentuk tidak beraturan. Contohnya dapat kita temukan pada tulang rahang dan ruas tulang belakang.



Jawaban : D
Ulasan :



Pada kerangka tubuh manusia terdapat kurang lebih 200 tulang yang saling berhubungan. Hubungan antar tulang disebut sendi atau artikulasi. Pada sistem gerak manusia, persendian mempunyai peranan penting dalam proses terjadinya gerak.
Menurut sifat gerakannya persendian (sendi) dapat dibedakan menjadi tiga ( 3 macam) yaitu:

1. Sendi Mati

yaitu persendian yang tidak memiliki celah sendi sehingga tidak memungkinkan terjadinya pergerakan, misalnya persendian antar tulang tengkorak.

2. Sendi Kaku 

yaitu persendian yang terdiri dari ujung-ujung tulang rawan, sehingga masih memungkinkan terjadinya gerak yang sifatnya kaku, misalnya persendian antara ruas- ruas tulang.

3. Sendi Gerak 

yaitu persendian yang terjadi pada tulang satu dengan tulang yang lain tidak dihubungkan dengan jaringan sehingga terjadi gerakan yang bebas.
Sedangkan sendi gerak dapat dibedakan menjadi 6 macam, tetapi pada saat ini hanya akan dibahas 4 macam sendi, diantaranya:
  
a. Sendi Engsel 
yaitu persendian yang dapat digerakan kesatu arah.
Contohnya:
- persendian antara tulang paha dengan tulang betis
- persendian antara tulang lengan dengan tulang hasta
  
b. Sendi Putar
yaitu persendian yang dapat digerakan secara berputar
Contohnya:
- persendian antara tulang leher dengan tulang atlas
- persendian antara hasta dengan tulang pengumpil

c. Sendi Peluru
yaitu persendian yang dapat digerakan kesegala arah
Contohnya:
- persendian antara gelang bahu dengan tulang lengan atas
- persendian antara gelang panggul dengan tulang paha

d. Sendi Pelana
yaitu persendian yang dapat digerakan kedua arah
Contohnya:
- persendian pada ibu jari tangan
- persendian antara tulang pergelangan tangan dengan Tulang tapak tangan

Jawaban : A
Ulasan :
Kelainan tulang akibat infeksi antara lain sebagai berikut.
1) Artritis eksudatif yaitu peradangan pada sendi dan terisi cairan nanah.
2) Artritis sika yaitu peradangan sendi sehingga rongga sendi menjadi kering (kekurangan minyak sinoval).
3) Layuh sendi atau layuh semu yaitu suatu keadaan tidak bertenaga pada persendian akibat rusaknya cakraepifisis tulang anggota gerak.
4) Nekrosis yaitu kerusakan pada cakraepifisis tulang hingga sebagian tulang mati dan mengering. 

Jawaban : B










Ulasan :


Ada tiga jenis tulang rawan, yaitu hialin, elastis, dan fibrosa.

a.  Tulang Rawan Hialin
Tulang rawan hialin merupakan bentuk tulang rawan terbanyak. Tulang rawan hialin mempunyai matriks yang homogeny dan bersifat halus serta transparan. Tulang rawan hialin terdapat pada cincin batang tenggorokan ( trakea ), cuping hidung, persendian, serta antara tulang rusuk dan tulang dada.

b. Tulang Rawan Elastis
Tulang rawan elastis bersifar lentur, matriksnya mengandung serat elastis yang bercabang-cabang. Tulang rawan elastis terdapat pada epiglottis dan bagian luar telinga.

c. Tulang Rawan Fibrosa
Tulang rawan fibrosa bersifat kurang lentur, matriksnya mengandung serat kolagen yang tidak teratur. Tulang rawan fibrosa terdapat pada antarruas tulang belakang.
Jawaban: A dan B (menurut penulis keduanya sama2 tersusun tulang rawan hialin)
Ulasan :















Jawaban : A






Ulasan :


Usus halus adalah saluran yang memiliki panjang ± 6 m. Fungsi usus halus adalah mencerna dan mengabsorpsi chyme dari lambung. Usus halus memanjang dari pyloric sphincter lambung sampai sphincter ileocaecal, tempat bersambung dengan usus besar. Usus halus terdiri atas tiga bagian , yaitu: duodenum, jejunum, ileum.

Duodenum, bagian terpendek (25cm), yang dimulai dari pyloric sphincter di perut sampai jejunum. Berbentuk sepatu kuda melengkung ke kiri, pada lengkungan ini terdapat pancreas dan duodenal papilla, tempat bermuaranya pancreas dan kantung empedu. Empedu berfungsi mengemulsikan lemak dengan bantuan lipase. Pankreas menghasilkan amilase yang berfungsi mencerna hidrat arang menjadi disakarida dan tripsin yang berfungsi mencerna protein menjadi asam amino/albumin dan polipeptida. Dinding usus halus mempunyai lapisan mukosa yang banyak mengandung kelenjar brunner yang berfungsi  memproduksi getah intestinum.
Jejunum memiliki panjang antara 1,5 m – 1,75 m. Di dalam usus ini, makanan mengalami pencernaan secara kimiawi oleh enzim yang dihasilkan dinding usus. Getah usus yang dihasilkan mengandung lendir dan berbagai macam enzim yang dapat memecah makanan menjadi lebih sederhana. Di dalam jejunum, makanan menjadi bubur yang lumat yang encer.

Usus penyerapan (ileum), panjangnya antara 0,75m – 3,5m terjadi penyerapan sari–sari makanan. Permukaan dinding ileum dipenuhi oleh jonjot-jonjot usus/vili. Adanya jonjot usus mengakibatkan permukaan ileum menjadi semakin luas sehingga penyerapan makanan dapat berjalan dengan baik. Dinding jonjot usus halus tertutup sel epithelium yang berfungsi untuk menyerap zat hara. Terdapat sekitar 1000 mikrovili (gambar 3) dalam tiap sel. Dinding tersebut juga mengeluarkan mucus. Enzim pada mikrovili menghancurkan makanana menjadi partikel yang cukup kecil untuk diserap. Di dalam setiap jonjot terdapat pembuluh darah halus dan saluran limfa yang menyerap zat hara dari permukaan jonjot. Vena porta mengambil glukosa dan asam amino, sedangkan asam lemak dan gliserol masuk ke sel limfa.
Jawaban : C








Ulasan :


Kelenjar Usus
  • Enzim Enterokinase (enzim khusus) berfungsi untuk mengubah Tripsinogen menjadi Tripsin yang digunakan dalam saluran pankreas
  • Enzim Maltase berfungsi untuk mengubah Maltosa menjadi Glukosa
  • Enzim Laktase berfungsi untuk mengubah Laktosa menjadi Glukosa dan Galaktosa
  • Enzim Sukrase berfungsi untuk mengubah Sukrosa menjadi Glukosa dan Fruktosa
  • Enzim Paptidase berfungsi untuk mengubah polipeptida menjadi asam amino
  • Enzim Lipase Usus berfungsi untuk mengubah Lemak menjadi asam lemak dan Gliserol
  • Enzim Erepsin/dipeptidaseberfungsi untuk mengubah dipeptida atau pepton menjadi asam amino
  • Enzim Disakaraseberfungsi untuk mengubah disakarida menjadi monosakarida   

Jawaban : C

 Ulasan :



Sistem Pencernaan Pada Aves
Organ pencernaan pada burung terbagi atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Makanan burung bervariasi berupa biji-bijian, hewan kecil, dan buah-buahan. Saluran pencernaan pada burung terdiri atas:
·         Paruh: merupakan modifikasi dari gigi,
·         Rongga mulut: terdiri atas rahang atas yang merupakan penghubung antara rongga mulut dan tanduk,
·         Faring: berupa saluran pendek, esofagus: pada burung terdapat pelebaran pada bagian ini disebut tembolok, berperan sebagai tempat penyimpanan makanan yang dapat diisi dengan cepat,
·         Lambung terdiri atas: Proventrikulus (lambung kelenjar): banyak menghasilkan enzim pencernaan, dinding ototnya tipis. Ventrikulus (lambung pengunyah/empedal): ototnya berdinding tebal. Pada burung pemakan biji-bijian terdapat kerikil dan pasir yang tertelan bersama makanan vang berguna untuk membantu pencernaan dan disebut sebagai " hen’s teeth”,
·         Intestinum: terdiri atas usus halus dan usus tebal yang bermuara pada kloaka.
·         Usus halus pada burung terdiri dari duodenum, jejunum dan ileum.
Kelenjar pencernaan burung meliputi: hati, kantung empedu, dan pankreas.
 Jawaban : C
 Ulasan :
Gigi dewasa atau gigi tetap (dentis permanen) merupakan gigi orang dewasa yang berjumlah 32 buah. Rinciannya:
  • 8 buah gigi seri,
  • 4 buah gigi taring,
  • 8 buah gigi geraham depan, dan
  • 12 buah gigi geraham belakang.
 Jawaban : A (jika yang dimaksud geraham bawah adalah jumlah gigi geraham depan dan belakang di rahang bawah maka jumlahnya 10), dan C (jumlah gigi seri dan geraham depan sama, yaitu 10)
Ulasan :
Laring
Laring adalah pangkal tenggorokan, terdiri atas kepingan tulang rawan membentuk jakun dan terdapat celah menuju batang tenggorok (trakea) disebut glotis, di dalamnya terdapat pita suara dan beberapa otot yang mengatur ketegangan pita suara sehingga timbul bunyi.
Jawaban : B

Ulasan :
Pernapasan dada adalah pernapasan yang melibatkan otot antartulang rusuk. Mekanismenya dapat dibedakan sebagai berikut.
  1. Fase inspirasi. Fase ini diawali berkontraksinya otot antartulang rusuk sehingga rongga dada terangkat atau membesar, akibatnya tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan di luar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk.
  2. Fase ekspirasi. Fase ini merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot antara tulang rusuk ke posisi semula yang dikuti oleh turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. Sebagai akibatnya, tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan luar, sehingga udara dalam rongga dada yang kaya karbon dioksida keluar.
 Jawaban : D

Ulasan :


Organ Pernapasan pada Binatang Melata (Reptil)
Semua reptil mempunyai alat pernapasan seperti manusia.Misalnya kadal, organ pernapasan reptil meliputi rongga hidung, batang tenggorok, dan paru-paru.Bagaimanakah proses pernapasan pada reptil?Proses pernapasan reptil sama dengan pernapasan manusia.Udara masuk melewati rongga hidung, batang tenggorok, menuju paru-paru. Di dalam
alveolus, darah mengikat gas oksigen danmelepaskan karbon dioksida. Reptil yang hidup di air memiliki katup pangkal tenggorokan, misalnya buaya. Katup ini berfungsi untuk menjaga agar air tidak masuk ke dalam paru-paru pada saat menyelam.Pada penyu dan kura-kura, terdapat alat pernapasan tambahan,yaitu kloaka. Kloaka berada pada ujung akhir saluran pencernaan makanan.
  Jawaban : A




Ulasan :


Macam-macam udara pernapasan pada manusia , yaitu :
1.    Udara Pernapasan Biasa ( Volume Tidal ) --> UP
  • Merupakan udara yang masuk dan keluar paru-paru pada saat pernapasan biasa / pernapasan normal.
  • Volume udara yang masuk dan keluar sebanyak 500 ml
2.    Udara Cadangan Inspirasi ( Udara Komplementer ) --> UK
  • Merupakan udara yang dapat masuk ke paru-paru dengan menerik nafas       ( inspirasi ) sedalam-dalamnya setelah melakukan pernafasan biasa.
  • Besarnya udara komplementer adalah 1500 ml
3.    Udara Cadangan Ekspirasi ( Udara Suplementer ) --> US
  • Merupakan udara yang dapat keluar dari paru-paru dengan menghembuskan nafas ( ekspirasi ) sekuatnya setelah melakukan pernapasan biasa.
  • Besarnya udara suplementer adalah 1500 ml
4.    Udara Residu --> UR
  • Merupakan udara yang tersisa di dalam paru-paru, yang berfungsi untuk menjaga agar paru-paru tetap dalam keadaan mengembang.
  • Besarnya udara residu adalah 1000 ml.
  Jawaban : D



Ulasan :


Tuberkulosis (TBC), penyakit paru-paru yang diakibatkan serangan bakteri mycobacterium tuberculosis. Difusi oksigen akan terganggu karena adanya bintil-bintil atau peradangan pada dinding alveolus. Jika bagian paru-paru yang diserang meluas, sel-selnya mati dan paru-paru mengecil. Akibatnya napas penderita terengah-engah.
  Jawaban : C

Ulasan :


Eksperimen Stanley Miller
Miller adalah murid Harold Urey yang juga tertarik terhadap masalah asal usul kehidupan. Didasarkan informasi tentang keadaan planet bumi saat awal terbentuknya, yakni tentang keadaan suhu, gas-gas yang terdapat pada atmosfer waktu itu, dia mendesain model alat laboratorium sederhana yang dapat digunakan untuk membuktikan hipotesis Harold Urey.

Kedalam alat yang diciptakannya, Miller memasukan gas Hidrogen, Metana, Amonia, dan Air. Alat tersebut juaga dipanasi selama seminggu, sehingga gas-gas tersebut dapat bercampur didalamnya. Sebagai pengganti energi listrik halilintar, Miller mengaliri perangkat alat tersebut dengan loncatan listrik bertegangan tinggi. Adanya aliran listrik bertegangan tinggi tersebut menyebabkan gas-gas dalam alat Miller bereaksi membentuk suatu zat baru. Kedalam perangkat juga dilakukan pendingin, sehingga gas-gas hasil reaksi dapat mengembun.
Pada akhir minggu, hasil pemeriksaan terhadap air yang tertampung dalam perangkap embun dianalisis secara kosmografi. Ternyata air tersebut mengandung senyawa organic sederhana, seperti asam amino, adenine, dan gula sederhana seperti ribose. Eksperimen Miller ini dicoba beberapa pakar lain, ternyata hasilnya sama. Bila dalam perangkat eksperimen tersebut dimasukkan senyawa fosfat, ternyata zat-zat yang dihasilkan mengandung ATP, yakni suatu senyawa yang berkaitan dengan transfer energi dalam kehidupan. Nukleotida adalah suatu senyawa penyusun utama ADN (Asam Deoksiribose Nukleat) dan ARN (Asam Ribose Nukleat), yaitu senyawa khas dalam inti sel yang mengendalikan aktivitas sel dan pewarisan sifat.
Eksperimen Miller dapat memberikan petunjuk bahwa satuan- satuan kompleks didalam sistem kehidupan seperti Lipida, Karbohidrat, Asam Amino, Protein, Mukleotida dan lain-lainnya dapat terbentuk dalam kondisi abiotik. Hasil dari percobaan ini adalah senyawa organik dapat terbentuk secara bertahap, yakni dimulai dari bereaksinya gas-gas diatmosfer purba dengan energi listrik halilintar. Selanjutnya semua senyawa tersebut bereaksi membentuk senyawa yang lebih kompleks dan terkurung dilautan. Akhirnya membentuk senyawa yang merupakan komponen sel.
  Jawaban : B

Ulasan:
Ciri yang dimiliki mobil atau pesawat antara lain: bergerak, iritabilitas (peka terhadap rangsang), memerlukan makan (bahan bakar kita anggap makanan)
Jawaban : B atau C (dua-duanya mungkin)

 Jawaban : A ( sudah jelas)

Jawaban : A (sudah jelas)

 Ulasan :
Perbedaan

Sel Hewan Sel Tumbuhan
Bentuk Sel Berbagai macam dapat berubah-ubah bentuk Bentuk sel tumbuhan kaku, jarang berubah
bentuk kecuali derivat sel
Ukuran Sel Kecil Besar
Dinding Sel Tidak ada Ada
Inti Sel Ada Tidak ada
Maktiks Ektraselular Ada Ada
Lisosom Umumnya banyak terdapat sel hewan Jarang ditemukan
Peroksisom Ada Ada
Gilioksisom Tidak ada/jarang Ada
Elastisitas Jaringan Tinggi, tidak adanya dinding sel Rendah, adanya dinding sel
Letak inti sel Berada ditengah sel Berada di pheriperal sitoplasma
Sentrosom/sentriol Ada Tidak ada/jarang ditemukan
Organel respirasi Mitokondria Kloroplas (plastida) dan mitokondria
Vakuola sel Kecil dan banyak Tunggal akan tetapi sangat besar
Silia Sering ditemukan Sangat jarang
Flagela Sering ditemukan, Jarang, hanya pada sperma tumbuhan
tertentu
Pembentukan Spindle Secar amphiastral Secara anastral
Sitokinesis sel Membentuk furrowing Membentuk lempeng mitosis
Ketahanan tekanan Lemah tanpa vakuola kontraktil Kuat karena dinding sel
Tingkat totipotensi Rendah Sangat tinggi
Sambungan antar sel Desmosome Tight junction Plasmodesmata
 Jawaban : D

 Ulasan : Species adalah tingkatan takson yang anggotanya memiliki jumlah persamaan ciri terbanyak diantara takson yang lain.
Jawaban : C

 Jawaban : C (Ular dan Penyu, keduanya termasuk kelompok Reptilia)
Ulasan :

Kingdom Monera
Ciri-ciri:
1. Tubuh satu sel, prokariotik (tidak memiliki membran inti).
2. Berkembang biak dengan membelah diri secara langsung (amitosis).
3. Tidak memiliki mitokondria, reticulum endoplasma, badan golgi dan lisosom.
Kingdom Monera beranggotakan mikroorganisme prokariotik yang terdiri atas bakteri dan ganggang hijau biru (Cyano bacteria atau Cyanophyta).Anggota kingdom ini menempati berbagai habitat (kosmopolit) bahkan habitat ekstrim yang tidak dapat dihuni makhluk hidup lain.
Kingdom Protista
Kingdom Protista mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  • Bersel satu ( uniseluler / monoseluler ) atau bersel banyak ( multiseluler )  yang masih belum terdiferensiasi
  • Sel termasuk tipe eukariotik ( memiliki dinding / membrane inti sel )
  •  Ada yang dapat membuat makanan sendiri ( autotrof , terutama fotoautotrof ) maupun tak dapat membuat makanan sendiri ( heterotrof, baik ada yang sebagai parasit , maupun ada juga yang sebagai saprofit )
  • Umumnya ditemukan di tempat yang lembab dan lingkungan berair. Beberapa di antaranya hidup diperairan air tawar maupun air laut.
  • Berkembang biak ( pada umumnya ) secara aseksual ( vegetatif ) dengan cara pembelahan sel, fragmentasi ( pada yang hidup berkoloni ). Dan secara seksual ( generatif ) dengan cara konjugasi, peleburan gamet sederhana.
Beberapa contoh organism yang termasuk dalam kelompok Protista mirip hewan antara lain : Amoeba sp, Paramaecium caudatum, Plasmodium malariae dan lain sebagainya.
Sedang kan contoh organism yang termasuk dalam kelompok Protista mirip tumbuhan, antara lain : Chlorella, Spirogyra sp, Eucheuma spinosum dan lain sebagainya.
Sementara itu, contoh organism yang termasuk kelompok Protista mirip jamur , antara lain : Saprolegnia, Pytophora sp, Pythium, dan lainnya. 
Kingdom Fungi
Jamur merupakan kelompok organisme eukariotik yang membentuk dunia jamur atau regnum fungi.
Ciri-ciri umum jamur antara lain:
1. Tidak memiliki klorofil.
2. Berkembang biak dengan membentuk spora.
3. Tubuh berupa benang-benang halus yang disebut hifa.
4. Tubuh belum dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun.
5. Jamur yang bersel satu dikelompokkan pada prokariotik dan yang bersel banyak bertipe eukariotik.
Kingdom Plantae
Tumbuhan merupakan eukariota multiselular yang memiliki kemampuan untuk membuat makanan sendiri (Autotrof).Tumbuhan memiliki kloroplas yang mengandung pigmen klorofil .Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang tersusun dari selulosa.
Ciri-ciri Kingdom Plantae:
* Eukariot (memiliki inti sel)
* Autotrof (menghasilkan makanan sendiri)
* Multiseluler (terdiri dari banyak sel)
* Memiliki dinding sel
Kingdom Animalia
Ciri-Ciri Kingdom Animalia
· Organisme eukariotik , multiseluler heterotof
· Tidak memiliki dinding sel
· Hidup di darat dan di air
· Bentuk dewasanya selalu diploid (2n)
· Reproduksi umumnya seksual
· Memiliki banyak sel otot untuk pergerakannya dan sel saraf untuk merespon rangsang

Jawaban : D


Soal lengkap bisa dilihat di sini

Baca update info OSN terbaru 2015 :  OSN SMP 2015 tidak ada lagi Mapel Biologi dan Fisika

Pembahasan Soal OSK IPA 2017

46 komentar:

  1. Bocoran hasil OSN SMP Kabupaten untuk Provinsi Jawa Timur sudah ada, tapi pengen lihat sendiri pengumumannya.
    Ada yang tahu situsnya? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, sampai hari ini info bocoran itu belum ada. Kalau memang ada, mohon kepada pembocornya untuk berbagi info...hehe. Saya search di mbah Google tdk ketemu....

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Bukan bocoran lagi. Info dari Dinas pendidikan Prov Jatim klangsung ke Dinas Pendidikan Kab/Kota. Jadi bagi yg berkepentingan bisa tanya ke Dinas Pendidikan Kab/Kota masing-masing.

      Coba tanya mbah google: "OSP SMP 2013" nanti ada link Dinas Pendidikan Kabupaten (kalo gak salah Gresik), sudah ada yang mengumumkan.

      Hapus
    4. saya agak kurang sepakat dengan jawaban nomor 11 pak..seharusnya adalah B.. jika prey (mangsa) menurun maka pasti akan diikuti penurunan pada populasi predator..justru grafik yang dipajang menunjukan bhw terjadi hubungan y sinergis antara prey dan predator.. (

      Hapus
    5. Trims Mas Bambang infonya, memang benar pengumuman OSN SMP tlah diumumkan di Kabupaten masing2 (Prov. Jatim). Untuk Bapak/Ibu/Mas/Mbak admin SMP IT AL AZHAR 3, trims sharingnya. Menurut saya, pada saat terjadi penurunan jumlah predator karena jumlah prey kian sedikit mestinya jumlah prey (mangsa) pada waktu tertentu jumlahnya akan meningkat tidak seperti pada grafik B yang jumlah prey terus turun meski predatornya kian sedikit. Mungkin yg lain bisa share pendapat untuk mencari jawaban paling benar. Maaf bila tanggapan saya kurang ilmiah...

      Hapus
    6. Yang nomor 11 itu begini, kalau predatornya sudah tua kan banyak yg meninggal / mati tu, nah kalo predatornya berkurang malah mangsanya yang naik kan begitu, kalau mangsa naik predator naik, predator naik mangsa turun, mungkin seperti itulah

      Hapus
  2. semoga web yang seperti ini bisa terus dikembangkan.... sehingga BioLovers bisa terus maju dan berkembang.... sekaligus bisa menjadi sumber belajar yang baik bagi peserta didik.
    saya menunggu ulasan pembahasan selanjutnya sampe nomor 100 ya pak!!! hehehehe.....
    biar bisa kroscek dengan kunci versi saya.... trimakasihh...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims dukungannya MasNanto, maaf blm melanjutkan pembahasannya berhubung lagi ada kesibukan, kalau agak longgar insyaAllah ulasannya akan dilanjutkan.....

      Hapus
  3. ihhhh, soalnya sangat sulit mas, gk kayak gitu tuh soalnya

    BalasHapus
  4. Waduuuhhh,,,,,saya jg salah klo gitu jwbn yg no 11.....^_^
    Tp mksih bwt info2 sputar OSN_ny....smoga bsa berlanjut d th2 mendatang,,,,,

    BalasHapus
  5. ko cman 25 ?????????

    BalasHapus
  6. ko cmn dua lima ?
    kan soalnya juga sampe 100

    BalasHapus
  7. Terima Kasih atas bantuannya...

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Betul, soal lengkapnya sudah saya unggah, tapi pembahasannya lagi nyicil.....

      Hapus
  9. tanya no 12.apa berdirinya perumahan di bibir sungai dapat menyebabkan longsor pada musim penghujan? sehubungan tidak adanya tanaman (akar) yang mampu mengikat air pada waktu hujan datang.(banjir kaitanya dengan sampah.mohon penjelasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rumah-rumah atau bangunan yang dibangun di sepanjang sungai umumnya mengambil bagian bantaran sungai sehingga alur sungai menyempit dan tidak dapat lagi menampung deras aliran air sehingga setiap kali hujan deras di pegunungan air meluap menggenangi permukiman.
      Kalau menurut pendapat saya, apakah perumahan di bibir sungai dapat menyebabkan longsor atau tidak bergantung pada konstruksi bangunannya. Bila bangunan terbuat dari beton, atau bibir sungainya dicor maka resiko longsor akan menjadi kecil.
      Sampah jelas sangat berkaitan dengan banjir. Pembuangan limbah padat (sampah) maupun cair ke badan air dan bantaran sungai di berbagai ruas sungai mencemari air dan menghambat aliran air sungai. Dan itu akan berdampak terjadinya banjir.
      Maaf, kalau penjelasannya kurang detail dan kurang memuaskan.

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. bro...pembahsan soal OSN nya kenapa sampe no 30 saja....
    no 31-100 donk bro....saya tunggu ya di email saya
    ipaterpadu_biologi@yahoo.com
    . terimakasih sebelumny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga diberi kekuatan untuk menyelesaikan hingga 100 ..... amin

      Hapus
  12. Salaam.mhn izin u membaginya dg anak didik saya ..jazakumullah.

    BalasHapus
  13. Apa bisa ditulis lagi gak pak soalnya sampai 100 serta pembahasannya..... saya lagi butuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf lagi banyak kesibukan, jadi blm sempat melanjutkan .... :)

      Hapus
  14. bro nomor 41-100nya mana? saya lagi butuh pembahasan tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih banyak pak untuk kunci jawabannya, kalau untuk nomor 51 dst apakah ada?hehe

      Hapus
  15. Balasan
    1. Kalau mau nyumbang pembahasan dipersilahkan .... maaf belum bisa melengkapi sampe tuntas .....

      Hapus
  16. Pak wahyu , share dong pembahasan osn ipa smp 2016, soalnya aku penasaran sama jawabanku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Share dong soalnya, saya lagi tidak punya soalnya. Trims

      Hapus
  17. Trimakasih pak sangat membantu sekali..
    Boleh saya thu email nya bpak?
    Klw bpak berkenan sya mau bertanya seputar biologi:-) .
    Trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya saya sendiri masih terus belajar tentang Biologi, tahu Biologi hanya kulitnya saja .... maaf.

      Hapus
  18. Senangnya kalau kita bisa buat group di whatsapp atau facebook untuk diskusi soal-soal biologi

    BalasHapus

Pidato Mendikbudristek untuk upacara peringatan Hardiknas 2023.pdf

     Teks bisa di unduh disini