10 Mei 2010

Aku Ingin Ngajar Kelas VII aja !!!



Aku ingin ngajar jelas VII aja ! Mengapa tekad itu tiba-tiba muncul. Aku merasa tidak nyaman lagi mengajar kelas IX. Setelah bertahun-tahun ngajar kelas IX, kejenuhan itu datang. Aku merasa ilmuku tak berkembang, hanya berkutat dengan materi kelas IX.

Aku ingin memberi warna murid-muridku. Aku tak mampu lakukan itu ketika hanya mengajar kelas IX. Aku merasa saat murid2ku kelas IX, konsep-konsep di kelas VII dan VIII banyak yang mereka tak kuasai. Aku tak tahu apakah jika kelak ngajar kelas VII atau VIII akan bernasib sama dengan guru yang lain, tak mampu menanamkan konsep secara mendalam ke dalam diri anak.

Sistem Ujian Nasional saat ini. juga membuatku malas mengajar kelas IX. Aku merasa tak leluasa mengekspresikan metode dan otonomi guru dalam mengevaluasi siswa. Ujian Nasional menjadi sangat "segala-galanya" dalam dunia pendidikan kita. Jika paradigma ini tetap abadi, aku pesimis kualitas pendidikan nasional akan meningkat dan setara dengan bangsa lain.

Semua murid2ku, adalah anak bangsa. Memang tak adil berlaku diskriminasi terhadap mereka. Namun, saat ini aku ingin memberi pondasi yang kuat untuk murid2ku di tingkat terendah. Aku ingin sekolahku bisa bersaing kembali dengan sekolah lain dalam bidang pelajaran Biologi. Hampir empat tahun aku disibukkan dengan tugas lain di sekolah selain mengajar, sehingga intensitas waktuku untuk berbagi ilmu dengan murid2ku tak sebanyak dulu. Aku bertekad, setelah aku punya lebih banyak waktu, aku ingin intens berbagi ilmu, di kelas, di lab, di ekstrakurikuler, tentu dengan anak2 kelas VII.

Kamal, 10 Mei 2010

2 komentar:

  1. mudah mudahan tidak bergeser ke "aku ingin ngakar 24 jam"

    BalasHapus
  2. Pak Risman, "Aku dipaksa ngajar 24 jam..." he...he...he....

    BalasHapus

Pidato Mendikbudristek untuk upacara peringatan Hardiknas 2023.pdf

     Teks bisa di unduh disini