24 November 2018

Tetap Bertahan sebagai Blogger dan Pemain Google Adsense

Menjadi seorang blogger sejati ternyata tidak mudah. Perlu waktu dan kreativitas lebih. Bila dua-duanya tidak punya, ya nasibnya seperti penulis ini. Punya beberapa blog dengan konten gado-gado, kurang fokus pada konten tema tertentu, sehingga traffic pengunjung sangat rendah.

Apalagi seorang blogger merangkap pemain Google adsense, yang berharap mendapat penghasilan tambahan sebagai blogger, menjadi blogger juga susah dijadikan sebagai pekerjaan sambilan. Penulis sendiri contohnya, bertahun-tahun menjadi blogger merangkap "pemain" Google adsense, berhubung kurang intens merawat beberapa blog yang penulis memiliki, akumulasi dollar yang terkumpul tidak kunjung mencapai 100 dollar.

Saat para blogger banyak beralih ke Youtuber, penulis tetap memilih bertahan menjadi blogger, karena penulis merasa passion penulis berada di dunia tulis menulis, bukan dibidang kreator video. Sekali waktu penulis berusaha mem-posting sesuatu ke blog, berusaha kontennya bermanfaat bagi orang banyak. Konsistensi, itulah kata kunci menjadi blogger sukses, namun penulis sendiri sulit merealisasikan.

Selain konten yang menarik, salah satu trik memperbanyak kunjungan ke blog kita, saran praktisi blog adalah rajin blog's walking, rajin mengunjungi blog orang lain, dan meninggal jejak kunjungan sehingga orang lain melakukan kunjungan balik ke blog kita.

Bila kita memang blogger sejati, apapun yang terjadi kita akan tetap bertahan sebagai blogger. Tetap terus bertahan sebagai blogger dan tak kunjung lelah mengevaluasi konten, penampilan dan performance blog kita. Kita harus yakin suatu saat blog kita akan ramai pengunjung dan kita akan bangga sebagai seorang blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pidato Mendikbudristek untuk upacara peringatan Hardiknas 2023.pdf

     Teks bisa di unduh disini