30 Oktober 2014

TRANSMISI SINAPSIS: TRANSMISI KIMIA BERDASARKAN SINYAL-SINY AL DARI NEURON YANG SA TU KE NEURON YANG LAIN

Neuron berkomunikasi melalui sinapsis dan perantaranya adalah substansi kimia yang dilepaskan oleh terminal button. Substansi kimia ini disebut dengan substansi transmitter atau neurotransmitter yang berdifusi diantara celah terminal button dengan membran dari neuron penerima. Macam substansi transmitter ini akan menentukan efek pembangkitan (excitatory) atau efek penghambatan (inhibitory).
STRUKTUR SINAPSIS
Sitoplasma dalam terminal button, terdiri dari pembuluh sinapsis (synaptic vesicles), yang terletak dekat dengan membran pre-synaptic; mitokondria yang berfungsi sebagai sumber energi; dan cisternas yang merupakan pembungkus dari neurotransmitter yang bentuknya seperti Badan Golgi disel-sel tubuh manusia. Selain bagian-bagian tersebut, membran presinapsis dan membran postsinapsis adalah bagian penting dalam mekanisme transmisi synapsis.

Diantara membran presinapsis dan membran postsinapsis terdapat celah yang disebut synaptic cleft, yang jaraknya tergantung tugas masing-masing neuron. Umumnya, lebar celah ini adalah sekitar 200 A(A= angstroms,dimana1Asarna dengan 1/10.000 mm). Dalam celah sinapsis ini terdapat cairan ekstrasel tempat substansi neurotransmitter akan berdifusi.

Neurotransmitter diproduksi oleh soma sel dan dialirkan ke terminal button melalui microtubules di sepanjang axon. Proses ini disebut dengan axoplasmic transport. Membran postsinapsis merupakan membran yang paling tebal dibandingkan dengan membran di bagian-bagian lain. Ia mengandung molekul-molekul protein yang yang mampu mendeteksi hadirnya substansi transmitter di celah sinapsis dan selanjutnya mampu untuk mengubah potensial membran dan terjadilah proses yang akan menghambat atau meningkatkan aktivitas neuron penerima.
NEUROTRANSMITTER
Dalam peristiwa trasmisi, neurotransmitter yang dikeluarkan ada berbagai macam yang akan
menentukan proses yang berlangsung. Untuk proses small-molecule neurotransmitter,
substansi kimia yang dihasilkan adalah amino acid neurotransmitter dan monoamine
neurotransmitter. Untuk proses large-molecule neurotransmitter, substansi kimia yang
dihasilkan adalah peptide neurotransmitter. Selain dari pengelompokan di atas, masih ada
jenis neurotransmitter lain dalam proses small-molecule neurotransmitter, yaitu acetylcholine
yang dikelompokkan tersendiri (berbeda dengan kelompok amino acid neurotransmitter
dan monoamine neurotransmitter).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pidato Mendikbudristek untuk upacara peringatan Hardiknas 2023.pdf

     Teks bisa di unduh disini