23 Februari 2013

Anas Urbaningrum Mundur, Ancam Akan Membuka Semuanya



Pidato pengunduran Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, luar biasa. Dengan ciri khas Anas tenang, tertata, runtut pidato pengunduran dirinya disampaikan di depan ratusan awak media.  Wartawan yang ribut diawal pidato Anas, menjadi tenang setelah Anas berkali-kali menyatakan kepada hadirin yang hadir pada konferensi pers untuk tenang.

Pidato pengunduran diri Anas yang dinantikan oleh banyak orang memang menjadi sangat ditunggu apa isinya. Dari pidato yang disampaikan, jelas tersirat bahwa apa yang disangkakan oleh KPK menurut Anas tidak murni sebagai sebuah fakta hukum. Anas beranggapan bahwa pengumuman status Anas menjadi tersangka adalah akibat tekanan kekuasaan. Dan arah yang dituju jelas adalah SBY sebagai ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, yang juga sebagai seorang Presiden.

Yang menarik dari pidato pengunduran diri Anas Urbaningrum sebagai ketua umum partai Demokrat adalah munculnya pernyataan bahwa lahirnya Anas sebagai ketua Umum pada kongres partai Demokrat, ibarat bayi yang tak diinginkan. Apa maknanya? Benarkah, selama ini Anas berada pada sebuah komunitas yang sebenarnya sebagian besar dari anggota komunitas itu tidak menginginkan kehadirannya?

Lalu, juga menarik untuk dianalisa adalah bagian akhir dari pidato Anas, bahwa apa yang terjadi pada hari ini, pengunduran diri Anas, adalah halaman pertama dari sebuah buku yang masih akan ada lembaran yang lainnya. Dengan intonasi yang ditekan, jelas tersirat ini adalah sebuah ancaman dari Anas Urbaningrum untuk membeberkan apa yang terjadi sebenarnya di dalam partai Demokrat. Dan bila ini benar akan dilakukan oleh Anas Urbaningrum, maka pusaran kasus Anas ini akan berputar pada skala yang lebar dan akan menyeret banyak orang, baik itu orang-orang didalam partai Demokrat maupun di luar partai, birokrasi misalnya. Kita tunggu gebrakan  Anas Urbaningrum berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pidato Mendikbudristek untuk upacara peringatan Hardiknas 2023.pdf

     Teks bisa di unduh disini