08 Januari 2013

UN 20 Paket, Bebas Curang?


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggunakan 20 paket soal dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun depan. Jumlah ini bertambah banyak daripada pelaksanaan UN di tahun sebelumnya.

                "UN berikutnya menggunakan 20 paket soal. Saat ini masih dalam proses pematangan," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Chairil Anwar Notodiputro. (Kompas.com)
Chairil menjelaskan, penggunaan 20 paket soal itu bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kredibilitas hasil UN. Dengan bertambah banyaknya jenis soal dalam UN, potensi tindak kecurangan akan semakin sempit. Pasalnya, masing-masing siswa akan mengerjakan soal berbeda karena umumnya setiap ruang ujian diisi oleh 20 peserta ujian.
Penulis, termasuk segmen masyarakat yang pesimis dengan UN yang jujur. Sekecil apapun celah yang bisa dilewati, selalu akan dicari jalan untuk melakukan kecurangan UN. Ketika potensi kecurangan dipersempit diruang ujian, apakah proses pra UN maupun pasca UN akan juga menjadi ruang yang sempit untuk tindak kecurangan?
Sudah bukan rahasia kecurangan UN banyak tejadi sebelum UN dimulai. Jual beli kunci jawaban sebelum pelaksanaan adalah fakta yang tidak terbantahkan. Termasuk beberapa oknum lembaga bimbingan belajar yang membagikan kunci UN sebelum hari H juga adalah fakta yang menggelisahkan.
Kecurangan pasca pelaksanaan UN, misal dengan mengubah jawaban siswa juga adalah pintu masuk kecurangan UN.
UN 20 paket memang tidak akan serta merta menghapus kecurangan UN, namun usaha Kemdikbud untuk meminimalkan kecurangan UN perlu diapresiasi. Namun, selama UN masih menjadi instrumen yang cukup menentukan dalam kelulusan, maka akan selalu dicari cara untuk melakukan kecurangan. Modusnya bisa berbagai cara.
Menghapus kecurangan UN tidak semudah membalik telapak tangan. Ada banyak kepentingan terhadap hasil UN, maka akan selalu dicari cara untuk kesuksesan pelaksanaan dan hasil UN. Ada yang berpendapat, jika ingin menghapus kecurangan UN, hapus saja pelaksanan UN dalam dunia pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pidato Mendikbudristek untuk upacara peringatan Hardiknas 2023.pdf

     Teks bisa di unduh disini