04 Juni 2010

Biologi, Oh Biologi !

Munculnya pelajaran IPA sebagai sebuah entitas utuh, tanpa terdikotomi antara pelajaran Biologi dan Fisika, pada kurikulum KTSP, membuat istilah Biologi kurang populer di mata peserta didik SMP. Sekarang, tak ada lagi pelajaran Biologi, yang ada pelajaran IPA.

Meski identitas mata pelajaran Biologi tak lagi sepopuler pada kurikulum 2004. namun secara kuantitas, muatan materi Biologi dalam pelajaran IPA tidak banyak berubah. Itu artinya, sebenarnya tidak ada yang berubah di pelajaran SMP. Namun, sebagai guru IPA yang lulusan jurusan Biologi, saya merasa istilah Biologi tak lagi familiar di mata siswa SMP. Mereka sekarang lebih terbiasa menyebutnya IPA.

Saya hanya ingin bernostalgia dengan situasi masa lalu, saat murid-muridku kadang memanggilku pak Biologi, karena lupa menyebutkan nama saya. Hal yang sama juga barangkali juga dialami oleh guru-guru IPS. Murid-murid tak pernah lagi mencari guru sejarah, geografi atau ekonomi. Namun, mereka menyebut guru IPS.

Jika blog ini tetap mempertahankan nama "Guru Biologiku", apa alasannya? Hanya sekedar bernostalgia? Entahlah, saya masih suka dengan istilah "Guru Biologi"......

Kamal, 5 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pidato Mendikbudristek untuk upacara peringatan Hardiknas 2023.pdf

     Teks bisa di unduh disini