Slavin (2003:222) mengemukakan tujuh langkah dalam sintaks
pembelajaran langsung, yaitu sebagai berikut.
1) Menginformasikan tujuan
pembelajaran dan orientasi pelajaran kepada siswa.
Dalam
tahap ini guru menginformasikan hal-hal yang harus dipelajari dan kinerja siswa
yang diharapkan.
2) Mereviu pengetahuan dan keterampilan prasyarat.
Dalam
tahap ini guru mengajukan pertanyaan untuk mengungkap pengetahuan dan
keterampilan yang telah dikuasai siswa.
3) Menyampaikan materi pelajaran.
Dalam
fase ini, guru menyampaikan materi, menyajikan informasi, memberikan
contoh-contoh, mendemontrasikan konsep dan sebagainya.
4) Melaksanakan bimbingan
Bimbingan
dilakukan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menilai tingkat
pemahaman siswa dan mengoreksi kesalahan konsep.
5) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih.
Dalam
tahap ini, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih
keterampilannya atau menggunakan informasi baru secara individu atau kelompok.
6) Menilai kinerja siswa dan memberikan umpan balik.
Guru
memberikan reviu terhadap hal-hal yang telah dilakukan
siswa, memberikan umpan balik terhadap respon siswa yang benar dan mengulang
keterampilan jika diperlukan.
7) Memberikan latihan mandiri.
Dalam
tahap ini, guru dapat memberikan tugas-tugas
mandiri kepada siswa untuk meningkatkan pemahamannya terhadap materi yang telah
mereka pelajari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar