Membahas Soal OSN Biologi SMP Tk Kab/Kota 2013 Sambil Nunggu Pengumuman

Saya sebenarnya ingin langsung mengunggah semua soal OSN Biologi SMP Tk Kab/Kota tahun 2013, namun karena kendala waktu terpaksa saya cicil sedikit-demi sedikit, harapannya lama-lama jadi bukit. Saya akan mencoba membuatkan kunci jawabannya, dan mohon maaf bila ada pakar Biologi yang berpendapat bahwa jawaban yang saya tulis kurang pas, maklumlah manusia biasa yang terlalu banyak kekurangan. Melalui forum ini kita bisa sharing mengenai jawaban yang paling benar. Mudah-mudahan ini ada manfaatnya. Terakhir, saya mohon maaf bila postingan soal ini dalam bentuk hasil scaning (agar tidak terlalu capek ngetik aja...)











Ulasan :
Coba bandingkan dengan gambar berikut !
Jawaban : C

















Ulasan :
Coba bandingkan dengan gambar berikut !
Jawaban : A






Ulasan :
Aerenkim banyak terdapat pada batang dan daun tumbuhan hidrofit.
Jawaban : B












Ulasan :
a. Lakmus merah



Lakmus merah dalam larutan asam berwarna merah dan dalam larutan
basa berwarna biru.

b. Lakmus biru




Lakmus biru dalam larutan asam berwarna merah dan dalam larutan
basa berwarna biru.

c. Lakmus merah maupun biru dalam larutan netral tidak berubah warna.
Larutan 2, 3, 7, dan 8 bersifat asam karena mengubah lakmus biru menjadi merah dan lakmus merah tetap merah.
Jawaban : B





 Ulasan :
Proses aliran energi berlangsung dengan adanya proses rantai makanan. Tumbuhan dimakan oleh herbivora, dengan demikian energi makanan dari tumbuhan mengalir masuk ke tubuh herbivora. Herbivora dimakan oleh karnivora, sehingga energi makanan dari herbivora masuk ke tubuh karnivora.
Jawaban : A
 Ulasan :
Dari tahun ke-1 ke 2 naik 2 ribu
Dari tahun ke-2 ke 3 naik 4 ribu
Dari tahun ke-3 ke 4 naik 8 ribu
Dari tahun ke-4 ke 5 naik 16 ribu
Dari tahun ke-5 ke 6 naik 32 ribu menjadi 72 ribu
Dari tahun ke-6 ke 7 naik 64 ribu menjadi 136 ribu
Dari tahun ke-7 ke 8 naik 128 ribu menjadi 264 ribu
Jadi akan mengalami penurunan populasi pada tahun ke 8
Jawaban : C

Ulasan:
Pada fase 3, dalam rentang waktu yang relatif pendek menggambarkan pertumbuhan populasi paling tinggi dibandingkan fase-fase yang lain.
Jawaban : C
 Jawaban : D
Ulasan :
a) Kegiatan yang mengakibatkan makin berkurangnya keanekaragaman hayati yaitu antara lain:
  • Ladang berpindah
  • Intensifikasi pertanian
  • Penemuan bibit tanaman dan hewan baru yang unggul mengakibatkan terdesaknya bibit lokal
  • Perburuan liar dan penebangan liar
  • Industrilisasi
b) Kegiatan manusia yang tidak menyebabkan berkurangnya keanekaragaman hayati:
  • Penghijauan dan reboisasi
  • Pengendalian hama secara biologi
  • Penebangan hutan dengan perencanaan yang baik
  • Usaha pemuliaan hewan dan tanaman
  • Usaha-usaha pelesarian alam 
 Ulasan :
Apabila suhu suatu tempat tinggi maka kelembabanya rendah dan sebaliknya apabila suhu rendah maka kelembaban tinggi.
Jawaban : B

Ulasan :
Jenis-jenis vegetasi yang dapat hidup di bioma tundra misalnya lumut kerak, rumput teki, tumbuhan terna, dan semak-semak pendek.
Pohon-pohon utama yang tumbuh di daerah ini adalah jenis konifer, sehingga hutan yang ada di wilayah bioma taiga sering juga disebut dengan hutan konifer. Contoh jenis-jenis tumbuhan konifer tersebut adalah alder, birch, dan juniperdan spruce.
Beberapa jenis tumbuhan utama yang hidup di daerah bioma hutan gugur misalnya pohon oak, basswood, dan terna berbunga. 
Dalam hutan basah tropika sering terdapat tumbuhan khas, yaitu liana (rotan), kaktus, dan anggrek sebagai epifit.
Jawaban : B
 Ulasan :
Jawaban : D
Jawaban : B (cukup jelas)
 Ulasan :
Pengertian dari Biomassa adalah ukuran berat materi hidup di waktu tertentu.Komposisi biomassa terbesar terdapat pada produsen dan semakin ke atas biomassanya semakin mengecil.
Jawaban : A













 Ulasan :
Gambar di atas merupakan sayatan melintang batang tumbuhan monokotil dengan karakteristik berkas pengangkutnya tidak teratur.
Jawaban : B
 Ulasan:
Untuk pembanding silahkan lihat gambar berikut:
     Penampang batang monokotil        Penampang batang dikotil
Z adalah berkas pembuluh angkut, terdapat xylem dan Floem. Xylem berfungsi mengangkut air dan mineral dari batang ke daun, sedangkan floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis.
Jawaban : C











Ulasan :
peredaran darah besar => Adalah peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya oksigen dari bilik (ventrikel) kiri jantung lalu diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen bertukar dengan karbondioksida di jaringan tubuh. Lalu darah yang kaya karbondioksida dibawa melalui vena menuju serambi kanan (atrium) jantung.
Pada gambar hasil scanning arah panah dan detil jantung kurang jelas, namun mengacu pada gambar asli di soal, urutan awal yang benar adalah no 3 (bilik kiri)-- no 2 (aorta) -- no 5 (bagian tubuh atas dan bawah) -- no 6 (vena cava superior dan inferior) -- no 1 (serambi kanan).
Jawaban : D





 Ulasan :
Sel darah adalah bagian dari darah yang padat. Sel darah dibedakan menjadi 3 yaitu :
  1. Sel darah merah (eritrosit), berfungsi membawa oksigen. Semakin banyak oksigen yang dibawa maka warna darah semakin merah cemerlang. Di dalam sel darah terdapat hemoglobin yang dapat mengikat oksigen dan karbon dioksida yang tidak terpakai oleh tubuh. Oksigen dan karbondioksida tersebut diperoleh saat darah melewati paru-paru saat kita bernapas.
  2. Sel darah putih (leukosit), berfungsi untuk membunuh kuman-kuman penyakit.  Ketika kulit terluka, kuman penyak dapat masuk ke dalam darah melalui luka tersebut. Tugas dari sel darah putih menyerang kuman tersebut agar tidak masuk ke dalam darah. Setelah penyerangan tersebut, sel darah putih dan kuman mati/rusak dan keluar melalui luka sebagai nanah.
  3. Keping darah (trombosit) , berfungsi menghentikan darah yang keluar akibat luka / robeknya pembuluh darah, dimana dalam proses tersebut dibantu oleh plasma darah.
Jawaban : C




Ulasan:
Sel darah putih, leukosit (bahasa Inggris: white blood cell, WBC, leukocyte) adalah sel yang membentuk komponen darah. Sel darah putih ini berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih tidak berwarna, memiliki inti, dapat bergerak secara amoebeid, dan dapat menembus dinding kapiler / diapedesis.
Jawaban : B








Ulasan:
Xilem merupakan komponen jaringan pengangkut yang memiliki dua fungsi utama, yaitu mengangkut air dan garam-garam mineral dari akar ke batang tumbuhan dan daun, serta memberi sokongan/kekuatan mekanis bagi tumbuhan.
Floem merupakan jaringan pembuluh atau pengangkut yang ber­tugas memindahkan gula hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Floem disebut juga pembuluh tapis dan merupakan pem­buluh pengangkut utama. Seperti halnya xilem, floem tersusun atas beberapa macam sel yang berbeda fungsinya, antara lain pembuluh tapis, parenkim floem, serat floem, dan sel pengiring. Tidak seperti xilem, floem merupakan jaringan hidup.
Jawaban: C
Ulasan :
Anemia adalah turunnya kadar sel darah merah atau hemoglobin dalam darah.
Arteriosklerosis merupakan  istilah umum untuk beberapa penyakit, dimana dinding arteri menjadi lebih tebal dan kurang lentur. Dimana bahan lemak terkumpul dibawah lapisan sebelah dalam dari dinding arteri. (A.J. Ramadhan, 2010)
Penyakit stroke merupakan penyakit degeneratif atau serebrovaskular yang mempengaruhi pembuluh darah pada bagian otak. Apabila terkena penyakit stroke, seseorang akan mengalami kelumpuhan sebagai akibat awal dari kerusakan pembuluh darah di otak.
Wasir atau Ambeien adalah pelebaran pembuluh darah dan bantalan penutupnya didaerah dubur. 

Jawaban : A
Ulasan : 
Fotosintesis adalah proses pembentukan bahan – bahan organik seperti gula atau karbohidrat dari bahan – bahan anorganik, seperti karbondioksida dan air dengan bantuan cahaya. Jadi dalam proses fotosintesis, bahan baku yang diperlukan adalah karbondioksida (CO2), air, sedangkan hasilnya adalah glukosa(karbohidrat) dan oksigen.
Jawaban : D





Ulasan:

Jika tumbuhan menutup stomatanya karena temperatur sangat tinggi maka akan berakibat pada proses fotosintesis akan terhenti (stagnan).  Hal ini disebabkan karena pada keadaan panas yang berlebihan stomata daun justru akan menutup untuk menghindari terjadinya transpirasi yang berlebihan, sehingga CO2  tidak dapat masuk dan fotosintesis akan berhenti sama sekali karena fotosintesis membutuhkan CO2.  Kondisi lingkungan yang panas, kering, dan terik juga dapat menyebabkan stomata tertutup. Jika kekurangan air, stomata menutup sehingga menghalangi masuknya CO2.
Udara yang lembab (kelembabannya tinggi) tidak menyebabkan stomata menutup bahkan diperlebar untuk memperbesar transpirasi, dan CO2 untuk kebutuhan fotosintesis dapat masuk ke daun.
Jawaban : C










Ulasan:
Berdasarkan tabel di atas dapat disimpulkan bahwa cahaya diperlukan dalam proses fotosintesis
Jawaban : B





Ulasan :
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu faktor yang berasal dari dalam dan dari luar tubuh.
1. Faktor Dalam (Internal)
Yang termasuk ke dalam faktor ini adalah Gen dan Hormon.  Gen adalah substansi/materi pembawa sifat keturunan dari induk. Gen mempengaruhi ciri dan sifat dari makhluk hidup, misalnya bentuk tubuh, tinggi tubuh, warna kulit, warna bunga, warna bulu, dan sebaginya. Gen juga menentukan kemampuan metabolisme makhluk hidup, sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Sementara Hormon merupakan zat yang berfungsi untuk mengendalikan berbagai fungsi di dalam tubuh. Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup sangat beragam jenisnya.
Metabolisme tubuh juga termasuk faktor dalam.
 2. Faktor Luar (Eksternal)
Faktor luar yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup berasal dari faktor lingkungan. Beberapa faktor lingkungan tersebut adalah :

  • Makanan dan Nutrisi
  • Suhu
  • Cahaya
  • Air dan Kelembapan
  • Tanah 
Jawaban : C
 Jawaban : D (cukup jelas)
Ulasan :


1.       Ciri Masa Puber Laki-Laki
a. Perubahan primer : Mimpi basah yaitu mimpi bergaul antara lawan jenis sehingga mengeluarkan cairan (sperma) dari alat kelamin laki-laki.
b. Perubahan sekunder :
1). Tumbuh jakun pada leher. Jakun adalah bagian yang menonjol pada leher seseorang.
2). Tumbuh rambut pada bagian tubuh tertentu, seperti pada sekitar kemmaluan, ketiak, kumis.
3). Dada lebih bidang.
4). Suara menjadi lebih berat (besar).
2.       Ciri Masa Puber Perempuan
a. Perubahan primer : datangnya masa haid atau menstruasi, yaitu keluarnya darah kotor dari kemaluan.
b. Perubahan sekunder :
1). Pinggul membesar
2). Payudara membesar
3). Tumbuh rambut pada sekitar kemaluan dan ketiak


Jawab:
B, alasan Tumbuhnya rambut pada kemaluan dan ketiak juga dialami anak perempuan.

Ulasan :

1.        Perkecambahan Epigeal
Hipokotil memanjang sehingga plumula dan kotiledon terangkat kepermukaan tanah.
2.        Perkecambahan Hipogeal
Epikotil tumbuh memanjang sehingga plumula keluar menembus kulit biji dan muncul diatas permukaan tanah, sedangkan kotiledon tertinggal di dalam tanah.

Jawab :  A
Ulasan :


Pada fase pertama, zigot berubah menjadi embrio dengan mengalami beberapa tahapan, sebagai berikut :
  1. Tahapan morula, yaitu sel-sel yang menggerombol membentuk struktur seperti buah murbei dan disebut morula 
  2. Tahapan blastula, adalah tahapan ketika morula merubah strukturnya menjadi seperti bola yang didalamnya berongga dan disebut blastula. Pada mamalia, digunakan istilah blastosis. 
  3. Tahapan gastrula, adalah tahapan ketika sel-sel pada blastula menyusun diri sehingga terbentuklah dua lapisan sel atau tiga lapis sel, disebut gastrula. Pada, ubur-ubur (Coelenterarata) gastrula memiliki dua lapisan sel saja yang kemudian berkembang menjadi endoderm dan ektoderm (Coelenterata disebut juga hewan yang bersifat diploblastik). Sedangkan hewan-hewan selain Coelenterata gastrula memiliki tiga lapis sel, yaitu endodermis, mesoderm dan ektoderm. Mereka dikelompokkan ke dalam hewan yang bersifat triploblastik.   

 Jawaban : A







Ulasan:
 Berdasarkan letaknya, tulang belakang tersusun atas beberapa bagian, meliputi 7 ruas tulang leher (cervijalis); 12 ruas tulang punggung (thoraxalis); 5 ruas tulang pinggang (lumbalis); tulang kelangkang yang merupakan gabungan tulang kemudi terdiri atas 5 ruas tulang kelangkang (sacrum) dan 4 ruas tulang ekor (cocsigeus).
Jawaban :  B







 Ulasan :


Jenis Tulang Berdasarkan Bentuknya - Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi empat jenis / macam meliputi tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek, dan tulang tak beraturan. Penjelasan berbagai jenis macam tulang tersebut dapat kalian simak pada uraian berikut.

Macam Tulang Pipa (Tulang Panjang)
Disebut tulang pipa karena tulang jenis tersebut berbentuk seperti pipa dengan kedua ujungnya yang bulat. Ujung tulangnya yang berbentuk bulat dan tersusun atas tulang rawan disebut epifise. Sedangkan  pada jenis ini bagian tengah tulang pipa yang berbentuk silindris dan berongga disebut diafise. Di antara epifise dan diafise terdapat bagian yang disebut metafise. Metafise tersusun atas tulang rawan.Bagian metafise ini terdapat cakra epifise, yang memiliki kemampuan memanjang.
                    
Di dalam rongga tulang pipa, terdapat bagian yang disebut sumsum tulang. Sumsum tulang tersusun dari pembuluh darah dan pembuluh saraf. Tulang pipa memiliki dua sumsum tulang yakni sumsum tulang merah dan kuning. Tempat sel-sel darah dibentuk berada di dalam sumsum tulang merah. Adapun tempat pembentukan sel-sel lemak terdapat pada sumsum tulang kuning. Saat kita masih bayi, hampir seluruh tulang mengan dung sumsum merah. Namun, saat mulai tumbuh, beberapa di antaranya berubah menjadi sumsum tulang kuning.

Selain sumsum, pada tulang pipa juga terdapat bagian lainnya, misalnya bagian luar yang keras disebut cangkang. Kemudian tulang pipa juga memiliki lapisan periostum yang menyelimuti seluruh tulang. Bagian tubuh yang memiliki tulang pipa meliputi tulang paha, tulang hasta, tulang lengan atas, tulang pengumpil, tulang betis, dan tulang kering.

Macam Tulang Pendek
Tulang jenis pendek memiliki bentuk mirip kubus, pendek tak beraturan, atau bulat. Adanya tulang ini dimungkinkan goncangan yang keras dapat diredam dan gerakan tulang yang bebas dapat dilakukan. Sebagai contoh, tulang telapak kaki dan telapak tangan.

Macam Tulang Pipih
Tulang pipih bentuk gepeng dan berupa lempenganlempengan lebar. Tulang pipih ini tersusun atas dua lapisan tulang kompak yaitu lamina eksterna dan interna ossis karnii. Di antara dua lapisan ini terdapat lapisan spongiosa yang dinamakan diploe. Peran tulang pipih adalah melindungi struktur tubuh yang berada di bawahnya. Contoh tulang pipih adalah tulang tengkorak, tulang rusuk, dan tulang belikat.

Macam Tulang Tak Beraturan

Dari namanya saja kita tentu tahu, bila tulang ini memiliki bentuk tidak beraturan. Contohnya dapat kita temukan pada tulang rahang dan ruas tulang belakang.



Jawaban : D
Ulasan :



Pada kerangka tubuh manusia terdapat kurang lebih 200 tulang yang saling berhubungan. Hubungan antar tulang disebut sendi atau artikulasi. Pada sistem gerak manusia, persendian mempunyai peranan penting dalam proses terjadinya gerak.
Menurut sifat gerakannya persendian (sendi) dapat dibedakan menjadi tiga ( 3 macam) yaitu:

1. Sendi Mati

yaitu persendian yang tidak memiliki celah sendi sehingga tidak memungkinkan terjadinya pergerakan, misalnya persendian antar tulang tengkorak.

2. Sendi Kaku 

yaitu persendian yang terdiri dari ujung-ujung tulang rawan, sehingga masih memungkinkan terjadinya gerak yang sifatnya kaku, misalnya persendian antara ruas- ruas tulang.

3. Sendi Gerak 

yaitu persendian yang terjadi pada tulang satu dengan tulang yang lain tidak dihubungkan dengan jaringan sehingga terjadi gerakan yang bebas.
Sedangkan sendi gerak dapat dibedakan menjadi 6 macam, tetapi pada saat ini hanya akan dibahas 4 macam sendi, diantaranya:
  
a. Sendi Engsel 
yaitu persendian yang dapat digerakan kesatu arah.
Contohnya:
- persendian antara tulang paha dengan tulang betis
- persendian antara tulang lengan dengan tulang hasta
  
b. Sendi Putar
yaitu persendian yang dapat digerakan secara berputar
Contohnya:
- persendian antara tulang leher dengan tulang atlas
- persendian antara hasta dengan tulang pengumpil

c. Sendi Peluru
yaitu persendian yang dapat digerakan kesegala arah
Contohnya:
- persendian antara gelang bahu dengan tulang lengan atas
- persendian antara gelang panggul dengan tulang paha

d. Sendi Pelana
yaitu persendian yang dapat digerakan kedua arah
Contohnya:
- persendian pada ibu jari tangan
- persendian antara tulang pergelangan tangan dengan Tulang tapak tangan

Jawaban : A



Soal lengkap bisa dilihat di sini